KITA ALUMNI FAKULTAS KEIKHLASAN

by: @akbarzainudin

KH Hasan Abdullah Sahal tidak bisa menahan haru pada saat memberi amanah pada Reuni Akbar Alumni Pondok Modern Gontor, Sabtu, 3 September 2016. Beliau sesenggukan di depan panggung, menahan nafas sebentar, merasakan luapan kegembiraan yang luar biasa melihat 11.000 alumni Gontor tumpah ruah di bawah tenda raksasa yang dipasang memanjang dari depan Masjid hingga gedung Saudi.

Beliau senang sekali, sambil berkata: “Antum semua penting, tidak ada yang lebih penting antara satu orang dengan yang lain. Yang datang ke sini semuanya berpikir maksimal. Sudah berhari-hari, berbulan-bulan berpikir agar peringatan 90 tahun Gontor ini berjalan maksimal. Walaupun bukan hadis, saya katakan seperti qaul yang sering kita dengar ‘i’mal lidunyaaka kaannaka ta’iisyu abadan wa’mal liaakhiratika kaannaka tamuutu ghadan’. Semuanya nomor satu, tidak ada yang dinomorduakan”

Beliau berpesan agar kita bekerja bukan untuk pencitraan belaka. Kekiaian dan kesantrian tidak perlu digembar-gemborkan. Orang yang tidak punya nama, akan mencari nama. Orang yang tidak punya titel, akan mencari titel. Orang yang tidak punya jabatan, akan mencari jabatan. Kita tidak termasuk itu.

Cukuplah mazahib yang sudah ada selama ini, Syafi’i, Hambali, dan seterusnya. Janganlah ditambah satu mazhab lagi yaitu mazhab jaibiyyah, pocketisme. Baru mau kerja kalau ada amplop. Ngga ada SK beramplop maka ngga mau kerja.

Pak Kiai menegaskan mengapa di Gontor selalu dinyanyikan lagu Indonesia Raya, sebelum Hymne oh Pondokku karena Gontor dan pesantren lain adalah pelaku perjuangan. Sejak zaman penjajahan, pesantren berada dalam garda terdepan untuk berjuang melawan penjajah.

Di sini, memang ada marhalahisme, penggolongan antar periode, yang dipelopori oleh Abu Sittin, alumni tahun 60an. Namun demikian, saat bertemu dalam satu kesempatan semua menjadi cair. Tidak ada lagi sekat-sekat yang membedakan antara satu periode dengan periode yang lain.

Alumni Gontor jika bertemu dengan alumni Gontor yang lain akan hilang semua sekat-sekat. Karena di Gontor diajarkan Fakultas Ukhuwwah Islamiyyah yang bisa jadi tidak diajarkan di Universitas lain. Kalaupun seseorang mempunyai paham lebih banyak Muhammadiyah atau NU, saat bertemu sesama alumni, semuanya mencair untuk kemudian bersatu dalam wadah keislaman. Pernah ada seorang yang sangat fanatik dengan paham Muhammadiyah, pokoknya semua menantunya harus Muhammadiyah. Tetapi ketika yang melamar anaknya alumni Gontor, maka NU-Muhammadiyah itu hilang, walaupun sesungguhnya yang melamar itu lebih dekat dengan NU. Gontor di atas dan untuk semua golongan. Tidak ada Nu tidak ada Muhammadiyah, yang ada mungkin Nahdlatul Muhammadiyah. Baca lebih lanjut

Daftar Lomba Blog November 2016 (Update!) Kang Masroer

“Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah”. Begitulah kata Pramoedya Ananta Toer, seorang sastrawan besar yang pernah dimiliki Indonesia. Sebuah kata-kata bijak yang mengisyaratkan betapa pentingnya menulis dalam sejarah kehidupan manusia.

Nah, ngomong-ngomong tentang menulis, kata seorang teman Blogger, “menulis itu sebuah keahlian”. Ibarat pisau, pisau akan semakin tajam jika sering diasah kan? Demikian juga keahlian menulis. Keahlian menulis yang kita miliki juga akan semakin tajam, jika sering diasah. Lantas, bagaimana cara mengasahnya?

Yap, salah satu cara untuk mengasahnya adalah dengan cara mengikuti lomba menulis, termasuk lomba menulis di blog. Oke, Blogger.. tanpa banyak basa-basi, berikut adalah daftar lomba menulis dengan deadline bulan November 2016 sebagai referensi kita bersama untuk mengasah keahlian menulis kita:

Baca selengkapnya di: http://www.kangmasroer.com/2016/10/daftar-lomba-blog-november-2016-update.html

Udah itu aja info Lomba Blog dari Kang Masroer yang Up to date pake banget. Buruan coret-coret lagi blog kamu siapa tahu dan rejeki ada padamu sob. yuk lah nulis lagi.

Sah sudah 

Fadhil & Zahra Wedding

Resepsi Pernikahan Fadhil & Zahra

Sah sudah kau menjadi bungaku, satu-satunya bunga yang ada dalam taman hati. Hanya kau yang mampu menghiburku dengan keindahanmu. Walau banyak memang bunga lainnya yang mungkin lebih darimu, lebih jelita, lebih indah, lebih harum, lebih segalanya darimu, percayalah aku tak membutuhkannya. Karena jelita, indah, harum itu tak cukup bagiku. Aku telah melihat semuanya itu pada dirimu, jauh lebih kuat dan lebih dari kata cukup, dan hanga engkau yang ku mau.

Sah sudah kita menjadi teman. Teman yang tak seperti teman pada umumnya. Teman yang ada saat suka dan hilang kala duka. Kaulah temanku yang sesungguhnya. Teman yang ada saat suka maupun duka, teman saat ku masih berlebel “nothing” hingga kelak bersamamu berganti menjadi “something”, teman yang berada disisi bukan karena ku telah di puncak kesuksesan tapi teman yang bersama mencapai puncak kesuksesan. Kau lah teman hidupku. Baca lebih lanjut

Fun Experience With “Pramuka” UNAIR

Pramuka UIN Jakarta keUNAIR

Pengembaraan ke UNAIR

Pramuka adalah wadah pengembangan minat dan bakat serta media pendidikan kawula muda dalam berorganisasi, berkomunikasi dan berinteraksi kepada sesama. Melalui kegiatan kepramukaan sebenarnya banyak manfaat yang akan kita dapatkan. Tentu selain menambah pengalaman dan pengetahuan salah satu manfaat dari kegiatan berpramuka itu persahabatan. Persahabatn dalam pramuka bisa dimulai dari tingkat gugus depan, tingkat ranting cabang, nasional hingga internasional.

Dalam pramuka kita mengenal golongan sianga, penggalang, penegak dan pandega. Dan ane kebetulan aktif dalam golongan pandega. Golongan Pandega ini pada umumnya berpangkalan di Perguruan Tinggi. Ane adalah salah satu calon Pandega saat itu, yang berpangkalan di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Di UIN Jakarta gugus depan kami memiliki nama Racana Fatahillah – Nyi Mas Gandasari.

Seperti yang kita ketahui dalam tiap prosesi pelantikan selalu ditugaskan untuk membuat atau mencari bahkan berbakti dem mendapatkan tanda kecakapan umum sebagai pramuka (pandega). Tepat tanggal 28 Januari 2014 ane dan kawan-kawan mengadakan Perjalanan atau istilah kerennya Pengembaraan bersama dari Jakarta menuju 3 Universitas di Surabaya. Pengembaraan ini kita yang mengelola bersama dari mulai tranportasi, komunikasi, kegiatan acara, dll, sesuai dengan motto penegak dan pandega yakni, “Dari, Oleh dan Untuk Kita”.

Ketiga kampus yang ane dan kawan kunjungi ialah, IAIN Surabaya, Universitas Negeri Surabaya dan Universitas Airlangga. Hakikat dari kegiatan pengembaraan ini ialah Studi Komperatif, Studi Sejarah, dan Studi Wisata di objek kunjungan. Dan di UNAIR (Universitas Airlangga) inilah kami lebih banyak mendapatkan pengalaman dan kenangan yang begitu sulit diungkapkan, hehehe.  Studi komperatif berisi tentang komparasi organisasi kepramukaan di kampus tujuan, seperti mekanisme pendidikan dan pelatihan, adat racana, kegiatan kepramukaan disana seperti apa dst. Untuk studi sejarah kami mengunjungi Sampoerna Heritage dan Studi Wisata berakahir di Pantai Kenjeran.

Senam Pagi di UNAIR

Senam Pagi di UNAIR

Tentang Pengalaman yang paling berkesan diantara ketiga Kampus ternama yang kita kunjungi, UNAIR memang paling berkesan setelah lawatan kami dari IAIN Surabaya. Fun Experience with UNAIR serasa tepat untuk mengungkapkan kenangan kami dulu. Pertama kali menginjakkan kaki di UNAIR ane sudah merasakan kemegahan kampus yang satu ini, kemegahan intelektual, kemegahan infrastruktur, kemegahan sejarah yang telah banyak terlahir dari kampus ini. Baca lebih lanjut

Berkendara Nyaman dan Aman bersama #GSAstraDelivery

Salam Bloggers…
Jujur ane gak punya mobil dan gak terlalu “doyan” untuk membawa atau memilikinya (untuk saat ini), mungkin nanti jika sudah “Pas” semuanya sob, Pas duitnya ada, Pas lagi butuh ada, pas lahan parkir depan rumah juga ada hehehe. Alasan ane gak doyan bawa mobil amat bijaksana sob, ane gak mau menambah macet suasana ibukota tercinta ini itu ajah sih.

Menurut data web kontan, jumlah total penjualan mobil pribadi terhitung hingga bulan Agustus 2015 lalu sudah mencapai 90534 unit mobil. Dan berapa jumlah penjualan mobil pribadi hingga detik ini? (Cari tau sendiri ye). Bayangkan betapa kian macetnya jalan ibukota jika ane nambah satu lagi dengan keberadaan mobil ane ya kan? Belum kondisi ruas jalan yang kian hari kian sempit disebabkan pembangunan jalan layang, penggalian lubang, bahkan fly over yang melayang. Jadi ane memutuskan belum ingin dan belum mampu memiliki mobil. Mungkin suatu saat nanti jika semuanya PAS.

Ya walau bagaimanapun situasi jalanan ibukota tersaji, terkadang berkendara nyaman itu ya dengan mobil juga sih, gak keujanan gak kepanasan santai kaya anak pantai. Apalagi jika interior dalam mobil mendukung untuk tetap asyik di dalam mobil walau macet menghadang dan panas menyerang. Fasilitas yang mendukung diantara kain seperti audionya keras, tersedia tv kabel, gps, dll tentu membuat mengemudi mobil tetap tentram dalam berbagai kondisi di jalanan. Tapi nyaman aja juga belum tentu aman kan sob? jika dari mesin, onderdil, spare part apalagi akinya bermasalah sob. Perjalanan yang tadinya nyaman seketika berubah menjadi mencekam. Jadi “nyaman” aja ga cukup sob, harus “aman” juga dong ya.

Tips berkendara nyaman dan aman sungguh simple sob, yang utama cek selalu “kesehatan” aki mobil ente. Sekedar informasi terkait masalah aki mobil ane sarankan untuk berkenalan dengan #GSAstraDelivery dari Shop N Drive nih sob. Namanya musibah, cobaan, rintangan kita gak akan pernah tahu kapan ia datang, dan kite juga gak bisa menepis kedatangannya kan? (Apa sih) hehe. Jikalau nanti atau dikemudian hari mobil ente mogok di tengah jalan karena tuh aki “sakit” atau “ngambek” coba deh kepoin nih pelayanan antar jemput aki dari Shop N Drive

 

Karena ane ga “doyan” bawa mobil, jadi pengalaman Babe nih yang mau ane ceritain. Dahulu kala saat Mobil kebanggaan Babe, Suzuki APV Merah mogok ketika perjalanan pulang dari wilayah kramat jati, tepatnya Pasar Induk selepas belanja sayuran dan buahan untuk kebutuhan pelanggan. Setelah diselidiki diamati dan diteliti (ribet aja) ternyata masalahnya adalah aki mobil yang “sakit”. Karena Babe kurang pintar menggunakan ponsel pintar, adik ane berinisiatif menghubungi Outlet Shop N Drive. Kebetulan dekat rumah terdapat outlet Shop N Drive Jl. Wolter Monginsidi Sebelum Lampu Merah Santa Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan dan dia melihat promo antar jemput aki #GSAstraDelivery. Baca lebih lanjut

Lomba Blog UNAIR Terbaru 2016

Sumber : lombalomba.com

Sumber : lombalomba.com

Hello Gers…..
Apa kabar nih blog kalian?

Buat kalian blogger yang lagi terjebak malas, tersandung badmood yang teramat keras, atau terserempet galau yang senantiasa membekas. singsingkan kemeja, kaos, baju dll anda. saatnya bangkit dan menulis kembali di blog anda karena anda adalah seorang blogger mulia, hehee

Kenapa harus semangat? karena ada lomba blog nih dari salah satu kampus terbesar dan terkenal di Indonesia, tepatnya di Timur Jawa sob.  pada tau lah ya kampus apa tuh ? yupz setuju deh sama kamu, Universitas AirlanggaUniversitas Airlangga mengadakan event Unair Blogging Competition dengan Tema: “Fun Experience With Unair“.  So tunggu apa lagi sob, bagi kalian yang ingin mengasah kreatifitas blogging segera bergabung ya. Ketentuan dan embel-embelnya dibawah ini sob!

Periode Lomba

  • Pendaftaran tanggal 5 Oktober – 22 Desember 2016
  • Pengumuman Pemenang 23 Desember 2016 Di Mari serta akun Sosial Media UNAIR

 

Mekanisme Lomba

TULIS ARTIKEL DI BLOG

Tulislah sebuah artikel di blog kamu dengan mengikuti aturan
di bagian aturan penulisan artikel.

REGISTRASI DATA DIRI

Tuliskan secara lengkap nama, nomor kartu identitas kamu (KTP),
alamat email, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan link artikel kamu.

PENGUMUMAN PEMENANG

Pengumuman pemenang dilakukan di website dan media sosial UNAIR .

 

Peraturan Peserta

Peserta lomba adalah pria atau wanita warga negara Indonesia dan menetap di Indonesia.
Terbagi atas dua kategori : Umum dan Mahasiswa * mahasiswa UNAIR sebaiknya menggunakan blog pribadi. Bukan blog mahasiswa UNAIR (web.unair.ac.id)

  1. Peserta wajib like, follow atau subscribe akun sosial media UNAIR :
    Facebook  – Instagram  – Twitter  – Youtube
  2. Peserta wajib mencantumkan tags atau keyword “UNAIR”, “UNIVERSITAS AIRLANGGA”, “AIRLANGGA UNIVERSITY” dalam tiap post. (bold dalam setiap tulisan).
  3. Memiliki weblog baik di wordpress, blogspot, nama domain sendiri dan memiliki setidaknya minimal 20 post dalam blog tersebut.
  4. Selama periode lomba berlangsung, peserta WAJIB memasang banner
    UNAIR Blogging Competition di blog atau website yang didaftarkan.

Baca lebih lanjut

3 Macam Orang Islam (Humor)

 

Ilustrasi

Ilustrasi

Selamat Sore dan salam sejahtera sob!

Kemarin dapat BC di salah satu group Whatsapp yang berjudul tentang 3 Macam Orang Islam. Orang Islam yang kita tahu masih umum tersebut ternyata setelah saya baca ada 3 macam sob. Penasaran memghantui ane yang langsung saja ane baca dan diakhir mengundang tawa. walau hanya lulucon belaka namun ane menagkap suatu nilai yang penting dari situ, siapa sih yang benar-benar orang Islam itu? jujur pertanyaan ini terus menggelayuti pikiran sadar ane sebagai Orang Islam. Kira-kira ane sendiri sudah benarkah sebagai Orang Islam yang benar-benar “Muslim”

Siapa sih sebenarnya yang patut menyandang gelar “Orang Islam” ? apakah Mereka saja yang berkutat dalam golongan-golongannya dan “berjihad” menurut ajaran atau kita-kitab organisasinya saja? ataukah mereka yang dengan bangga menggunakan akal sehatnya yang begitu “jenius” untuk mengajari orang bahwa ia itu orang islam dan yang lain kafir? atau kita semua berhak menyandang predikat “Orang Islam” karena kita memang beragama islam dan telah dilahirkan serta dibesarkan dengan ajaran Islam ? Siapa sih sebenarnya orang Islam ini ?

Baca lebih lanjut