Begini Santapan Saat Ramadhan bagi Mantan Penyerang Watford

14310-zoom

Berpuasa di bulan ramadhan harus dilaksanakan bagi mereka yang menyakini Islam sebagai agamanya, terlepas dari siapa dan apa profesinya, puasa tetaplah dilakukan. Dalam berpuasa tentu menu santapan berbeda dengan hari-hari biasa. Ketika berpuasa disarankan santap sahur menjelang fajar menyinsing dan menahan lapar dan haus hingga tiba maghrib. Bagaimana santapan saat ramadhan bagi seorang yang pernah berprofesi sebagai atlet sepakbola professional ?

Menurut seorang Nathan Ellington, selaku stiker yang pernah membela di berbagai klub Liga Inggris, seperti Wigan Athletic, Watford, West Bromwich Albion dan Terkahir trial di Persija Jakarta pada musim 2014 ini baginya,  berpuasa di bulan ramadhan  dapat menjadikan tubuh kita lebih sehat dibandingkan hari biasanya.

Berpuasa bagi Nathan sangat menyenangkan. Dia menyayangkan akan pemahaman yang keliru terhadap puasa (ramadhan). Pandangan masyarakat melihat bahwa puasa adalah bentuk penyiksaan dan penderitaan yang harus mereka dapatkan sebagai wujud kesetiaan mereka dalam menjaga kepercayaannya (islam). Nathan berpendapat bahwa alasan kita (muslim) berpuasa ialah karena kita melakukannya (puasa) guna meninggalkan atau menghentikan kebiasaan buruk kita, puasa juga sebagai pelajaran untuk menguasai dan mengontrol diri dan tentunya agar kita menjadi pribadi muslim yang lebih baik lagi.

Dan beginilah santapan saat ramadhan bagi Nathan Ellington.

  • Ia bangun sekitar pukul 3 am untuk menyantap sahur. Sahurnya selalu diawali dengan memasak bubur dan pisang yang dicacah (cincang). Menurutnya itu adalah sumberkarbohidrat yang berguna membantu dalam pelepasan energi secara lambat. Dengan santapan sahur itu, ternyata cukup memberikan dia semua energi yang ia butuhkan untuk mengikuti sesi latihan atau pertandingan.
  • Ketika sunset (maghrib) dia selalu mencoba membatalkan puasanya (ta’jil) dengan kurma, susu dan air.  Setelah itu baru ia makan makanan utamanya baik di rumah maupun masjid. makanan utama biasanya terdiri dari nasi dan daging domba, tapi terkadang ia juga menyantap daging ayam, daging sapi baik dengan nasi atau pasta. Dan ia juga melengkapi santapan berbuka di bulan ramadhan dengan beberapa macam buah-buahan.
  • Dan setelah kedua makanan ia santap, Nathan selalu melanjutkan dengan meminum 3-4 liter air.  Menurutnya ini bisa membantu kita untuk mengisi energi secara penuh, karena jika kita terkena dehidrasi akan berdampak pada hilangnya konsentrasi.

Berpuasa juga memiliki manfaat khususnya bagi seorang pesepakbola professional, yaitu dengan berpuasa dapat menurunkan beberapa berat badan dan menjadikan tubuh lebih ramping, meskipun saat kita berhenti berpuasa maka idealnya berat badan kita kembali lagi seperti biasanya.

Dan dengan beraneka ragamnya menu makanan yang ada, ternyata kurma tetap menjadi pilihan utama saat ta’jil dan daging domba menjadi makanan utama yang disantap sebagai santapan saat ramadhan oleh Nathan Ellington.

Sumber : FourFourTwo 

komentar sob